Social Icons

9

Minggu, 07 April 2013

Pengertian Evaluasi Pembelajaran Penjas

Dear sobat bloggiest..
Kali ini saya akan sedikit membahas tentang pengertian evaluasi pembelajaran, terkhusus untuk guru ataupun calon guru penjasorkes..



Evaluasi merupakan kemampuan dasar yang mutlak harus dimiliki setiap guru atau calon guru. Karena evaluasi menunjukan bahwa pada semua model kompetensi dasar guru selalu menggambarkan dan mensyaratkan adanya kemampuan guru dalam mengevaluasi pembelajaran.

Evaluasi adalah suatu proses yang sistematis dan berkelanjutan untuk menentukan kualitas (nilai dan arti) dari sesuatu, berdasarkan pertimbangan dan kriteria tertentu dalam rangka pembuatan keputusan.
Berdasarkan pengertian ini, ada beberapa hal yang perlu dijelaskan lebih lanjut, yaitu :
  1. Evaluasi adalah suatu proses bukan hasil (produk). Hasil yang diperoleh dari kegiatan evaluasi adalah kualitas sesuatu, baik yang menyangkut tentang nilai atau arti. Membahas tentang evaluasi berarti mempelajari bagaimana proses pemberian pertimbangan mengenai kualitas sesuatu.
  2. Tujuan evaluasi adalah untuk menentukan kualitas sesuatu, terutama yang berkenaan dengan nilai dan arti. S.Hamid Hasan (1998). Pemberian nilai dan arti yang digunakan oleh Scriven (1967) adalah formatif dan sumatif. Jika formatif dan sumatif merupakan fungsi evaluasi, maka nilai dan arti adalah hasil kegiatan yang dilakukan oleh evaluasi.
  3. Dalam proses evaluasi harus ada pemberian pertimbangan (Judgment). Ini merupakan konsep dasar dari evaluasi. Melalui pertimbangan inilah ditentukan nilai dan arti/makna dari sesuatu yang sedang dievaluasi. Tanpa pemberian pertimbangan, suatu kegiatan bukanlah termasuk kategori kegiatan evaluasi.
  4. Pemberian pertimbangan tentang nilai dan arti haruslah berdasarkan kriteria tertentu. Tanpa kriteria yang jelas, pertimbangan nilai dan arti yang diberikan bukanlah suatu proses yang dapat diklasifikasikan sebagai evaluasi..
Dalam arti luas, evaluasi adalah suatu proses, merencanakan, memperoleh dan menyediakan informasi yang sangat diperlukan untuk membuat alternatif-alternatif keputusan. Sesuai dengan pengertian diatas maka setiap kegiatan evaluasi merupakan proses yang sengaja direncanakan untuk memperoleh informasi data, berdasarkan data tersebut kemudian di coba membuat suatu keputusan.

Tujuan Evaluasi
Dengan mengetahui makna evaluasi dari beberapa pendapat, maka dapat dijelaskan bahwa tujuan evaluasi ada beberapa hal:
  1. Sebagai tujuan seleksi
  2. Sebagai tujuan 
  3. Sebagai tujuan penempatan
  4. Sebagai pengukur keberhasilan
Fungsi Evaluasi dalam proses belajar mengajar
  1. Untuk mengetahui kemajuan dan perkembangan serta keberhasilan siswa setelah mengalami atau melakukan kegiatan belajar selama jangka waktu tertentu.
  2. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan program pengajaran.
  3. Untuk keperluan bimbingan dan konseling (BK)
  4. Untuk keperluan pengembangan dan perbaikan kurikulum sekolah yang bersangkutan.


Zainal Arifin. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar