Social Icons

9

Jumat, 21 September 2012

Modifikasi Pembelajaran Renang dan Pelaksanaanya


Hola sobat bloggiest..
Sesi kali ini, saya akan membahas tentang teknologi pembelajaran dengan modifikasi-modifikasi pembelajaran yang nantinya akan mempermudah siswa untuk belajar. Tema yang saya ambil kali ini adalah cabor (cabang olahraga) renang..

Benda tiruan/benda lainya

  • Bola plastik sebagai ganti pelampung   
Pelaksanaanya    :    
Untuk pelaksanaanya modifikasi pelampung kami ganti dengan bola plastik.Bola ini digunakan untuk pengenalan terhadap gerak tangan sebagai media awal dari pembelajaran keseluruhan.
 Tekhnik  :
Setelah peserta didik berkenalan dengan air dan berani masuk kolam kecil, hal yang pertama dilakukan adalah bermain dengan bola plastik menggunakan tangan. 
Berikut tekhniknya      :
Posisi badan berdiri dengan memasukan setengah badan ke kolam/air.Kedua tangan memegang bola dengan cara menggerakan atau menekanya ke bawah hingga bola menyentuh bagian lutut. Hal ini dapat dilakukan 10 repetisi x 3 set. Kedua tangan memegang bola dengan meluruskan kedua tangan didepan. Kemudia dekatkan bola plastik dengan kedua tangan ke depan dada. Hal ini dapat dilakukan 10 repetisi x 3 set
  • Botol mineral sedang 1,5 L sebagai ganti pelampung 
Pelaksanaanya    :Untuk pelaksanaan modifikasi pelampung, sama halnya dengan bola plastik. Hal ini memudahkan peserta didik memegang dengan mudah, dan apabila kesulitan dengan tekhnik gerakan yag disebutkan pada tekhnik bola plastik, botol mineral dapat dimasukan sedikit air untuk lebih memudahkan dalam gerak peserta didik.

  • Ban dalam bekas sebagai ganti pelampung dan tali tambang yang di ikatkan pada ban.
Pelaksanaanya    :
Ban biasanya digunakan untuk anak-anak bermain dan yang belum bisa berenang. Untuk pelaksanaanya, modifikasi ban dalam bekas dengan tali tambang yang diikatkan. Hal ini dapat digunakan sebagai acuan untuk modifikasi pembelajaran gerak dasar kaki.
Tekhnik  :
Peserta didik yang sudah berani masuk kekolam besar, dapat menggunakan ban dengan menggerakan kaki gaya katak/bebas ke arah tengah.Apabila peserta didik kelelahan/ketakutan .Pelatih/guru yang dipinggir kolam dapat menarik tali tambang tersebut ke arah pinggir.
  • Peralatan Benda Sebenarnya
Kaca Mata Renang
Penting agar mata tidak ter-iritasi dan perih ketika sedang berenang.
Kaca Mata Renang Minus
Bagi orang yang ber-kacamata minus, sekarang juga tersedia kaca mata renang minus.
Kaca Mata Renang Buram/ Berkabut
gunakan kaca mata renang Anti Fog dengan kualitas yang baik, bila kaca mata renang mulai berkabut, maka bisa ditambahkan obat untuk diteteskan ke kaca mata renang. Obat anti fog untuk diteteskan di kaca mata renang tersebut bisa dibeli di toko alat-alat olah raga atau di gramedia.
Kaki Katak
Untuk mempercepat renang gaya bebas. Dengan kaki katak, maka kecepatan berenang gaya bebas menjadi akan sangat cepat. Kaki katak ini lebih sering digunakan sebagai perlengkapan selam.
Papan Pelampung
Biasanya digunakan untuk :
  1. belajar mengapungkan badan dan meluncur 
  2. belajar kaki gaya dada/kodok maupun kaki gaya bebas. Dengan cara papan tersebut dipegang dengan tangan, kemudian meluncur di permukaan air dan gerakkan kaki dengan gerakan kaki gaya dada atau gaya bebas. 
  3. memperkuat tangan dengan cara menjepitkan papan pelampung tersebut di paha agar kaki atau paha selalu di atas. Dengan begitu kaki tidak perlu bergerak, sehingga hanya tanganlah yang akan bergerak dengan gaya dada atau bebas.
Papan renang paling sering digunakan untuk melatih ketahanan dan kekuatan kaki gaya bebas
Catatan:
Penggunaan papan pelampung untuk belajar renang tahap awal tidak wajib ! Karena tanpa penggunaan papan pun, kita tetap bisa belajar berenang

Hand Paddle
Untuk melatih dan memperkuat tangan (biasanya digunakan untuk renang gaya bebas).
Cara penggunaan : masukkan telapak tangan ke dalam hand paddle dan mulailah berenang.

Pull Boy
Digunakan untuk belajar gaya kupu. Alat ini akan membantu kaki yang sering tenggelam ketika awal belajar gaya kupu. Jadi dengan alat ini, maka kaki bisa lebih terangkat ke atas permukaan air.
Cara penggunaan : Jepitkan pull boy pada paha dan mulailah berlatih gerakan kaki gaya kupu.

Penutup Kepala
Ada beberapa kegunaan penutup kepala, misalnya untuk melindungi rambut dari air kolam renang yang kurang baik (mis terlalu banyak mengandung kaporit), untuk orang yang berambut panjang agar tidak mengganggu sewaktu berenang, dll.

Media Audio
Kami menggunakan peluit sebagai media audio (suara) kombinasi gerakan dasar untuk modifikasi pembelajaran renang yang akan diberikan ke peserta didik. Berikut pelaksanaanya, dengan tanda _ (sebagai bunyi peluit) :
Renang gaya dada
_                   :    Kedua tangan lurus kedepan
_ _                :   Tangan ditarik ke belakang membentuk huruf A. Telapak tangan menghadap kebelakang (bawah) sampai dengan kembali. Tangan keposisi semula yakni lurus kedepan.
______          :    Lutut kembali ditekuk rapat kemudian dibuka sampai lurus kebelakang.

Renang gaya butterfly
_                   :    Kedua tangan mendayung ke arah buka samping kanan, kiri dilanjutkan ke arah paha.
_ _              :    Recovery (kembali kedepan) setelah menyentuh paha, siu diangkat keluar dari air, lalu diayun didepan didahului kepala tunduk, tangan melewati atas telinga dan kembali kedua lengan lurus kedepan.
_____            :    Kedua paha, lutut ujung jari kaki menyatu, pergelangan kaki lurus dan bergerak secara bersama-sama pada bidang vertikal, terjadi 2 hentakan. Hentakan pertama secara perlahan, hentakan dua menggunakan power.


  • Media visual (Gambar Bergerak)atau Media grafis gambar/foto

Saya melampirkan gambar visual berbentuk softcopy gif,jpg. Dalam bentuk CDR
Gambar ini kami sajikan sebagai modifikasi pembelajaran sebagai media visual yang nantinya akan kami gunakan sebagai bahan ajar dalam ruangan yang bersifat teori. Diharapkan media visual ini dapat membantu peserta didik untuk memvisualisasikan bentuk dan gerakan pembelajaran renang.
Seperti contoh :
gaya dada

gaya kupu-kupu

gaya punggung

gaya croll/gaya bebas
  • Multimedia
Untuk modifikasi pembelajaran melalui multimedia, kali ini saya akan menggunakan media microsoft word khususnya power point sebagai media multimedia cerdas yang dapat mengkombinasikan media audio, media visual, maupun media audio visual.
  • Media Audio Visual (Video)
Seperti media visual, saya melampirkan video pembelajaran berbentuk softcopy MP4, 3gp. Dalam bentuk CDR. Video ini kami sajikan sebagai modifikasi pembelajaran sebagai media audio visual yang nantinya akan kami gunakan sebagai bahan ajar dalam ruangan yang bersifat teori. Diharapkan media visual ini dapat membantu peserta didik untuk memvisualisasikan bentuk dan gerakan pembelajaran renang.

 

Cukup sekian dulu yaaa, postinganya..
Best regards,
Zandra dw :)

3 komentar:

  1. ini adalah olah raga favorit saya, mudah mudahan indonesia terus berprestasi internasional untuk olah raga renang ini.
    ukuran lapangan bola basket standar internasional

    BalasHapus
  2. CV Bahagia Sukses Makmur bergerak dibidang jasa konstruksi pembangunan waterpark,kolam renang,kolam ombak,olympic pool,semi oliympic,pembuatan fiberglass dll 085100463227/ 081316140397

    BalasHapus