Social Icons

9

Sabtu, 29 September 2012

Definisi Ilmu Alamiah Dasar (IAD)

 Definition of Basic Natural Science

alam semesta
Hii sobat bloggiest...
Kali ini saya akan membahas tentang definisi atau pengertian ilmu alamiah dasar, materi ini saya ambil dari sumber buku :
JASIN, Maskoeri; 2010, Ilmu Alamiah Dasar, Rajawali Pers. Jakarta

Ilmu Alamiah (I.A) sering disebut Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan akhir-akhir ini ada juga yang menyebut Ilmu Kealaman yang dalam bahasa inggris disebut Natural Science atau disingkat Science dan dalam bahasa Indonesia sudah lazim digunakan istilah Sains.

I.A merupakan ilmu pengetahuan yang mengkaji gejala-gejala dalam alam semesta, termasuk bumi ini, sehingga terbentuk konsep dan prinsip. Ilmu Alamiah Dasar (Basic Natural Science) hanya mengkaji konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar yang esensial saja.

Manusia sebagai makhluk hidup umumnya mempunyai ciri-ciri :
  1. Organ tubuhnya komples dan sangat khusus terutama otaknya
  2. Mengadakan metabolisme atau penyusunan dan pembongkaran zat , yakni ada zat yang masuk dan keluar.
  3. Memberikan tanggapan terhadap rangsangan dari dalam dan luar
  4. Memiliki potensi untuk berkembang
  5. Tumbuh dan berkembang
  6. Berinteraksi dengan lingkunganya
  7. Bergerak
Keingintahuan manusia berbeda dengan keingintahuan hewan tingkat tinggi lainya karena manusia memiliki rohani,yaitu akal-budi dgn kemauan yang sangat kuat sehingga dengan akal-budi dan kemauanya itu manusia dapat mengembangkan ilmu pengetahuan dan tekhnologi.

Penyebab Ilmu Alamiah berkembang terus yaitu karena rasa ingin tahu atau kuriositas manusia tidak pernah dapat dipuaskan.

Mitos adalah pengetahuan baru yang merupakan kombinasi pengalaman-pengalaman dan kepercayaan. Cerita-cerita mitos disebut legenda. Mitos dapat diterima orang pada saat itu karena keterbatasan penginderaan dan penalaran serta hasrat ingin tahu yang perlu segera dipenuhi.

Sekian dulu ya sobat bloggiest..
ditunggu materi selanjutnya..xoxoxo

Best regards,
Zandradw :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar